Resep Kue Bingka Gula Merah Panggang

Posted on

Resep Kue Bingka Gula Merah Panggang, salah satu resep kue yang populer, enak, mudah dalam membuat dan cocok untuk semua. Sama seperti Resep Kue Kering Gula Semut, resep ini juga bisa menjadi Solusi hidangan keluarga bikin nagih, simak pembahasan selengkapnya di bawah ini :

Resep Kue Bingka Gula Merah Panggang

Resep Kue Bingka Gula Merah Panggang Mudah dan Cocok untuk Semua

Kue bingka gula merah panggang adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang terbuat dari tepung ketan dan gula merah. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis. Berikut adalah resep kue bingka gula merah panggang yang dapat kamu coba di rumah.

Bahan-bahan

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue bingka gula merah panggang antara lain:

  • 500 gram tepung ketan
  • 250 gram gula merah, serut halus
  • 800 ml santan
  • 1/2 sendok teh garam
  • Daun pisang untuk alas

Cara Membuat

Berikut adalah cara membuat kue bingka gula merah panggang:

1. Siapkan Bahan-bahan

Pertama-tama, siapkan semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue bingka gula merah panggang. Pastikan semua bahan sudah terukur dengan benar.

2. Campur Tepung Ketan dan Gula Merah

Setelah itu, campurkan tepung ketan dan gula merah serut halus dalam sebuah wadah. Aduk hingga merata.

3. Tambahkan Santan

Setelah tepung ketan dan gula merah tercampur rata, tambahkan santan sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan menjadi kental.

4. Tambahkan Garam

Tambahkan garam ke dalam adonan dan aduk kembali hingga merata.

5. Siapkan Loyang dan Alas Daun Pisang

Siapkan loyang dan alaskan dengan daun pisang. Tujuannya agar kue tidak lengket pada loyang dan memberikan aroma yang khas.

6. Tuang Adonan ke dalam Loyang

Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah dialasi dengan daun pisang. Ratakan permukaan adonan dengan sendok atau spatula.

7. Panggang Kue Bingka

Panggang kue bingka dalam oven yang telah dipanaskan sebelumnya dengan suhu 180 derajat Celsius selama 40-50 menit. Jangan lupa untuk memeriksa kematangan kue dengan menusuknya menggunakan tusuk gigi. Jika tusuk gigi keluar bersih, berarti kue sudah matang.

8. Dinginkan Kue

Setelah matang, keluarkan kue dari oven dan dinginkan sejenak agar dapat dipotong dengan mudah.

9. Sajikan

Sajikan kue bingka gula merah panggang yang sudah dipotong-potong pada piring saji. Kue ini siap dinikmati bersama keluarga atau teman.

Nikmati Kue Bingka Gula Merah Panggang dengan Teh Hangat

Kue bingka gula merah panggang sangat cocok disajikan sebagai camilan atau hidangan penutup. Nikmati kue ini bersama teh hangat untuk menambah kenikmatan rasanya. Selamat mencoba!

People also ask, apakah kue bingka gula merah panggang dapat disimpan lama?

Jawabannya, kue bingka gula merah panggang dapat disimpan dalam wadah tertutup dan diletakkan dalam suhu ruangan selama 2-3 hari. Namun, kue ini lebih nikmat jika dimakan dalam keadaan segar.

Terima kasih sudah mengikuti pembahasan Resep Kue Bingka Gula Merah Panggang sampai selesai. Silakan Anda membagikan artikel dan mereferensikan website ini kepada yang membutuhkan. Selanjutnya, Kami akan membagikan artikel-artikel terbaik lainnya, seperti : Resep Kue Kering Cupcake Mini dan Resep Bikin Ladrang Atau Kue Bawang.